Senin, 10 Oktober 2011

APLIKASI SISTEM PAKAR


APLIKASI SISTEM PAKAR
UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT DALAM PADA MANUSIA

ABSTRAKSI
Sistem pakar adalah program artificial intelligence atau kecerdasan buatan yang menggabungan basis ilmu pengetahuan dengan mesin inferensi. Dimana program computer yang memberikan metodologi untuk penalaran tentang informasi yang ada dalam basis pengetahuan dan dalam workplace dan untuk memformulasikan kesimpulan.
Aplikasi ini bertindak sebagai seorang konsultan yang cerda atau penasihat yang ahli dalam suatu bidang tertentu. Dimana hasil himpunan pengetahuan yang telah dikumpulkan dari beberapa pakar dihimpun menjadi satu sistem. Sehingga seorang awan sekalipun dapat menggunakan sistem pakar  untuk memecahkan persoalan yang sedang dia hadapi.
Artikel ini akan membahas tentang penerapan sistem pakar dalam aplikasi untuk mendiagnosa penyakit dalam pada manusia. Sehingga user dapat melakukan diagnosa tentang penyakit yang diderita berdasarkan gejala yang telah dirasakan oleh user.
Keyword : Sistem pakar, mesin inferensi, penyakit dalam, metode Dempster-Shafer
PENDAHULUAN
Penyakit dalam adalah suatu cabang ilmu kedokteran yang mempunyai ragam penyakit paling banyak, dan sampai saat ini penggolongan itu masih terus berlangsung. Beberapa penyakit yang termasuk di dalam klasifikasi penyakit dalam antara lain paru-paru, jantung, hati, ginjal, anemia, dan masih banyak lagi. Dan dari klasifikasi tersebut masih mempunyai spesifikasi – spesifikasi yang lebih dalam lagi. Contoh untuk penyakit paru-paru terdiri dari ISPA ( Infeksi Saluran Pernapasan Atas ), asma, bronchitis, TBC, infeksi paru , kanker  paru , tumor paru dan lain sebagainya.
Saat  ini teknologi informasi telah dirasakan manfaatnya diberbagai bidang untuk memecahkan berbagi masalah yang dihadapi. Semakin cepat dan majunya teknologi informasi maka akan semakin cerdas dan semakin kompleks pula peran yang dimainkannya. Bahkan saat ini telah dikenal  artificial intelligence atau kecerdasan buatan dimana menyediakan atau menciptakan suatu alat atau sistem informasi dengan kemampuan untuk menampilkan suatu perilaku yang dianggap cerdas oleh manusia.
Salah satu manfaat cabang teknologi informasi dibidang kedokteran adalah sistem pakar. Konsep sistem pakar adalah sistem yang mengadopsi pengetahuan pakar dan mengimplementasikannya ke dalam sistem komputer  yang di desain untuk memodelkan kemapuan menyelesaikan masalah seperti seorang pakar.
Tujuan dari aplikasi sistem pakar ini tidak untuk menggantikan peran para pakar dalam hal ini adalah para dokter. Namun untuk mengimplementasikan pengetahuan para pakar ke dalam bentuk perangkat lunak, sehingga masyarakat dapat mendiagnosa gejala gejala penyakit yang dialami dan melakukan pencegahan agar penyakit yang diderita tiadak semakin parah tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

DAFTAR PUSTAKA
  1. Kusrini, S.Kom, 2006, Sistem Pakar Teori dan Aplikasi, Andi Offset,Yogyakarta.
  2. Efraim Turban, Jay E.Aronson, Ting Peng Liang, 2005, Decision Support Systems and Intelligent System (Sistem Pendudukung Keputusan dan Sistem Cerdas), Edisi 7, Jilid 2, C.V Adi Offset (Andi), Yogyakarta.
  3. Sulistyohati Aprilia, Hidayat Taufiq, 2008, APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT GINJAL DENGAN METODE DEMPSTER-SHAFER, Yogyakarta.
  4. Juliana, Perancangan Sistem Pakar Untuk Mendianosa Penyakit Ayam Menggunakan PHP

2 komentar:

ibalatoz mengatakan...

permisi
saya iqbal kebetulan mengambil skripsi sistem pakar dengan metode dempster shafer..
boleh minta bantuannya ga gan/sist :(

untuk webnya sudah jadi..
cuma saya kesusahan mengimplementasikan metode ini ke PHP (ga ada contoh source code PHP):(

via email atau ym jg gpp..
plssss *butuh bgt bantuannya*

IGB Arya Adi Suastika mengatakan...

berhubungan blog anda membahas tentang diagnosa penyakit dalam pada manusia, jika berkenan sudikiranya anda dapatkah berbagi informasi materi terkait penyakit dalam sebagai bahan refrensi untuk membantu saya dalam menyusun TA tentang penyakit dalam manusia.

via email sun.sido@gmail.com

terima kasih.

Posting Komentar